Kapolda Maluku Buka Rapat Sinergitas Operasi Mantap Brata Siwalima 2019 Untuk Pemilu

oleh
oleh
Kapolda Maluku (tengah) memimpin rapat operasi mantap brapa pemilu 2019 di Rupatama Polda Maluku, Kamis (4/10/2018). FOTO : HUMAS POLDA MALUKU

TERASMALUKU.COM,-AMBON-KEPALA Polda Maluku Inspektur Jenderal Polisi Royke Lumowa membuka rapat sinergitas Polri, TNI dan stakeholder lainnya dalam rangka Operasi Mantap Brata Siwalima.

Didampingi Irwasda Kombes Pol. Purwolelono dan Karo Ops Polda Maluku, rapat pembahasan persiapan menghadapi Pemilihan Umum Presiden 2019 mendatang, digelar di ruang Rupatama Polda Maluku, Kamis (4/10/2018).

Dalam sambutannya, Kapolda Maluku meminta semua pihak agar bersama-sama menjaga aktivitas masyarakat yang aman dan tertib dalam menghadapi pemilihan umum 2019 mendatang.

Keamanan dan ketertiban diharapkan dapat didukung dengan pelaksanaan tugas kepolisian yang baik, profesional dan proporsional. Selain itu, peran aktif semua pihak merupakan harapan bersama sebagai wujud tanggung jawab selaku aparat penegak hukum dan aparatur negara.

“Oleh karenanya moment rapat sinergitas ini hendaklah dapat digunakan sebagai sarana menemukan format kesepahaman, baik dalam berpikir dan bertindak, serta kesediaan seluruh elemen pemerintahan maupun Parpol Peserta Pemilu khususnya di Propinsi Maluku untuk bekerja secara holistik terintegrasi,” pinta Kapolda.

Kesepahaman bersama, tambah Kapolda, dapat menghasilkan platform mekanisme kinerja yang semakin mantap, terutama dalam rangka menghadapi tugas tugas ke depan, khususnya menghadapi pemilihan umum tahun 2019. “Kesiapan pengamanan dan pentahapan pesta demokrasi tersebut telah dimulai sejak Bulan Agustus 2018,” jelasnya.

Rapat sinergitas ini, kata Jenderal Bintang Dua itu memiliki makna dan esensi penting, sebagai media koordinasi dan persamaan persepsi antara kepolisian, TNI, serta tugas-tugas unsur pemerintah maupun stakeholder lainnya.

“Sebagaimana telah diembankan oleh undang-undang yang sesuai tugas dan peran masing-masing unsur pemerintahan. Dengan koordinasi yang baik semua pihak, diharapkan dapat mengawal pemilu dengan baik dan seluruh kegiatan dapat berjalan sesuai harapan,” tandasnya.

BACA JUGA :  Doni Monardo : Angka Kasus COVID-19 Meningkat Usai Liburan Panjang

Selepas sambutan dan arahan Kapolda, kegiatan dilanjutkan dengan sejumlah pemaparan yang disampaikan Direktur Lalu Lintas Polda Maluku, Kepala Dinas Perhubungan, Kakesbangpol, Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Maluku.

Rapat sinergitas selain dihadiri Pejabat Utama Polda Maluku, juga hadir sejumlah As Ops TNI yakni Kodam XVI/Pattimura, Lantamal IX/Ambon dan Lanud Pattimura Ambon.

Turut hadir Ketua KPU Maluku, Bawaslu Maluku dan seluruh perwakilan partai peserta Pemilu yakni, PKB, GRINDRA, PDIP, GOLKAR, NASDEM, GARUDA, BERKARYA, PKS, PERINDO, PPP, PSI, PAN, HANURA, DEMOKRAT, BULAN BINTANG dan PKP. (ADV)

No More Posts Available.

No more pages to load.