Unpatti dan Kemendes Kerjasama Pemberdayaan Masyarakat Pesisir di Maluku

oleh
oleh
Penandatanganan perjanjian kerja sama antara Unpatti dengan BPSDM PMDDTT. FOTO : HUMAS UNPATTI

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Fakultas Perikanan Universitas Pattimura (Unpatti) bersama Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (BPSDM PMDDTT) ) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) melakukan kerja sama dalam penerapan tri dharma perguruan tinggi, khususnya pemberdayaan masyarakat pesisir.

“Maluku dengan karakteristik wilayah yang berlimpah dengan sumber daya perikanan menjadi bagian terpenting agar dengan perikanannya masyarakat desa pesisir dapat diberdayakan dengan baik,” kata Dekan Fakultas Perikanan Unpatti Dr Yoisye Lopulalan dikutip dari website unpatti.ac.id, Kamis (9/5/2024).

Menurut Lopulalan, Provinsi Maluku dikenal dengan daerah kepulauan, karena itu tidak dapat dipungkiri bahwa sumber daya perikanan dan kelautan sangat melimpah dan hal ini akan menjadi sebuah peluang untuk dapat menggerakkan masyarakat di bidang perikanan dan kelautan.

Ia menjelaskan berkaitan dengan penerapan tri dharma perguruan tinggi negeri meliputi tiga aspek yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat.

“Oleh karena itu, ruang lingkup kerja sama yang dibangun tentu di dalamnya terdapat pertukaran data dan informasi, pelaksanaan pemberdayaan masyarakat meliputi penyuluhan, pelatihan dan pendampingan di bidang pengelolaan kemaritiman,” ujarnya.

Selain itu, melalui kerja sama ini juga akan ada pertukaran pelaksanaan magang untuk mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang merupakan program Kemendikbudristek.

“Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpatti memiliki sumber daya manusia yang siap untuk mendukung seluruh program yang sudah dibangun saat ini. Kami juga akan terus membangun koordinasi dan melakukan kolaborasi dengan pihak terkait untuk membahas kegiatan apa saja yang akan dilakukan selain magang mahasiswa di Provinsi Maluku yang merupakan daerah kepulauan,” katanya.

BACA JUGA :  Telkomsel Operasikan 6.951 BTS 4G di Maluku Dan Papua

Melalui kerja sama ini, Lopulalan berharap agar bukan hanya sebatas penandatangan yang dilakukan akan tetapi dapat diimplementasikan sehingga output dan outcome dapat dirasakan bukan hanya bagi masyarakat pesisir tetapi juga secara khusus bagi mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpatti

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPSDM PMDDTT Maluku Luthfiyah Nurlaela mengatakan tugas utama BPSDM adalah melaksanakan penyuluhan, pelatihan, dan pemberdayaan masyarakat.

“Kami perlu membangun kerja bersama dengan salah satu perguruan tinggi di Maluku yaitu Universitas Pattimura dan juga pemangku kepentingan lainnya agar permasalahan secara umum yang ada di Maluku seperti rendahnya sumber daya manusia dapat diatasi bersama,” katanya.

Pewarta : Ode Dedy Lion Abdul Azis/Antara
Editor : Bambang Sutopo Hadi

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.