YBM PLN Maluku Malut Panen Raya & Canangkan Program Tali Asih di Dusun Taeno

oleh
oleh

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW-MMU) bersama Kelompok Usaha Cahaya melakukan Panen Raya Cabai di Dusun Taeno Atas, Negeri Rumah Tiga, Kota Ambon, Sabtu (25/11/2023).

Bertepatan dengan peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2023, kelompok usaha ini dapat menuai benihnya melalui program nasional YBM, “Gencar Mengabdi untuk Negeri”.

Dusun Taeno Atas merupakan kawasan yang jarang ditargetkan sebagai sasaran penyaluran bantuan.

Melalui program YBM PLN UIW MMU yang disalurkan sejak 2022 ini, masyarakat setempat diberdayakan di sektor pertanian.

Adapun bantuan pertanian yang disalurkan UIW-MMU kepada Kelompok Usaha Cahaya ini mulai dari bibit cabai dan sayuran, tandon air, pipanisasi ke masing-masing kebun, hingga 1 unit kecil traktor bajak kebun.

Kelompok Usaha Cahaya memulainya dengan tiga kelompok saja, seiring waktu, berkembang menjadi 5 kelompok.

Begitupun dengan perkembangan usaha mereka, yang awalnya bekerja sebagai petani saja, kini mereka telah berkembang sebagai pengepul sayuran.

Target pasarnya pun semakin meluas; hasil panen tak hanya dijual di dusun tetangga saja, melainkan hingga ke pasar-padar modern, seperti; Hypermart, Oasis dan Toko Dian Pertiwi.

Kelompok Usaha Cahaya berhasil memanen Cabai hingga 15 kali di tahun 2023. Cabai ini dijual dengan harga Rp. 50 hingga Rp.100 ribu per kilogram.

Bersamaan dengan Panen Raya Cabai ini, PLN UIW MMU juga mencanangkan Program Tali Asih bersama Mahasiswa Gencar. Bantuan diberikan kepada 100 guru honorer dan dhuafa.

“Acara ini tentunya memiliki manfaat yang luar biasa dalam hal pemberdayaan Kelompok Usaha maupun peningkatan jiwa sosial dan kemanusiaan dalam berbagi bersama dengan yang membutuhkan,” tutur General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula.

BACA JUGA :  Putus Asa Penyakit Tak Kunjung Sembuh, Seorang Kakek di Bursel Bunuh Diri

Awat berharap, baik Panen Raya Cabai maupun program Tali Asih ini dapat membawa berkah dan manfaat bagi semua pihak, terutama masyarakat penerima manfaat.

“Sehingga apa yang diberikan dapat digunakan sebaik-baiknya. Melihat subur dan baiknya pertumbuhan cabai yang dimiliki oleh Kelompok Usaha Cahaya, maka kita sepatutnya yakin bahwa produk cabai yang dipanen memiliki kualitas yang baik dan tidak kalah dengan kualitas cabai dari luar. Untuk itu, kita perlu mendukung Kelompok Usaha ini agar dapat mengembangkan dan meningkatkan kualitas produk dalam hal penanaman, pemupukan, pemeliharaan maupun pemasaran,” sambungnya.

Dia turut mengapresiasi kerja keras seluruh petani, dan semua pihak yang telah mendukung dan menyukseskan acara tersebut.

“Kami dari pihak PLN berharap bahwa kegiatan ini sejatinya dapat memberikan peluang Kerjasama juga dengan pasar-pasar modern di Kota Ambon dan sekitarnya sehingga produk cabai yang ditanam ini dapat didistribusikan secara lebih masif lagi. Semoga acara ini dapat membawa manfaat kepada seluruh pihak sehingga panen raya dan pemberian bantuan tidaklah sia-sia, melainkan menjadi ladang amal dan keberkahan bagi kita semua,” pungkas Awat. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.