DLH Pemkab Malteng Gelar Rapat Forum OPD, Begini Permintaan Penjabat Bupati

oleh
oleh
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tengah (Malteng) menggelar Rapat Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lounusa Beach Kota Masohi, Kamis (28/3/2024). FOTO : HUMAS PEMKAB MALTENG

TERASMALUKU.COM,-MASOHI-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tengah (Malteng) menggelar Rapat Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lounusa Beach Kota Masohi, Kamis (28/3/2024).

Rapat Forum tersebut diikuti perwakilan OPD dan juga dihadiri Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Maluku Tengah (Malteng) Julius Boro.

Julius Boro yang membacakan sambutan Penjabat Bupati Malteng Rakib Sahubawa itu mengatakan, rapat Forum OPD ini sangat penting dalam rangka sinkronisasi pelaksanaan program prioritas tahun anggaran 2025 untuk mengoptimalkan pengelolaan lingkungan hidup menuju pembangunan yang berkelanjutan di Malteng.

Pelaksanaan forum OPD ini diharapkan sebagai pembentukan seluruh stakeholder yang saling berkaitan dengan perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan dalam merumuskan suatu kebijakan pembangunan di sektor lingkungan sehingga apa yang di programkan pada 2025 benar-benar dapat menjawab segala permasalahan dan tantangan yang ada.

“Melalui forum ini saya perlu menyampaikan beberapa hal penting terkait tanggung jawab pemerintah daerah memberikan lingkungan hidup berkualitas yang menjadi hak rakyat serta menjawab berbagai persoalan-persoalan lingkungan yang sangat kompleks, diantaranya pengelolaan sampah, pelestarian, sumber daya alam, upaya adaptasi terhadap perubahan iklim dan bencana alam,”ujarnya.

Penjabat Bupati mengungkapkan terkait hal yang dimaksud, Presiden Joko Widodo sangat tegas dan perhatian pada lingkungan hidup. Mainstrem pembangunan salah satunya akan sangat memperhatikan bencana alam. Jadi tidak ada lagi orang Lingkungan Hidup hanya memikirkan tekhnis pencemaran dan AMDAL saja, tapi harus seluruh aspek.

Dengan demikian tentunya sangat diperlukan kolaborasi dan sinergitas masyarakat dalam pembangunan yang berwawasan lingkungan dan kebijakan pembangunan kota sektor lingkungan hidup demi menjaga keberlanjutan lingkungan hidup untuk kesejahteraan bersama.

Selain itu pula, pentingnya meningkatkan kinerja dan sensitivitas serta optimalitas kerja secara konseptual, nyata dan memberi manfaat bagi dukungan pertumbuhan ekonomi dan kontribusi sektor lingkungan dalam pembangunan di masyarakat.

BACA JUGA :  Pemprov Maluku Gelar Pasar Murah Untuk Ringankan Warga Sambut Natal 

“Untuk itu, melalui forum saudara-saudara dapat merumuskan beberapa kebijakan-kebijakan dan program strategis untuk memacu percepatan pencapaian target pembangunan sektor lingkungan, dan
bisa dipetakan sesuai dengan skala prioritas pembangunan serta penyesuaian kemampuan pendanaan, sehingga akan lebih tepat dan bermanfaat bagi masyarakat,” harap Penjabat Bupati.

Ia juga minta lewat forum OPD ini dapat melahirkan inovasi-inovasi baru dalam pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan dan berdaya saing di Malteng.

Penulis : Nair Fuad

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow

No More Posts Available.

No more pages to load.