Afrizal Mukadar Terpilih Sebagai Ketua Umum HMI Cabang Ambon

oleh
Afrizal Mukadar. Foto : Istimewa

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Afrizal Mukadar akhirnya resmi terpilih sebagai formatur Ketua Umum Terpilih Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ambon periode 2022-2023.

Afrizal ditetapkan sebagai formatur Ketua Umum HMI Cabang Ambon di Graha Insan Cita, Waiheru, Ambon, Selasa malam (18/1/2022) melalui Konferensi ke-32 dengan agenda utama memilih Ketua Umum yang baru.

Ketua Umum HMI Cabang Ambon Terpilih, Afrizal Mukadar (ketiga dari kiri). Foto : Istimewa

Mantan Ketua Umum HMI Komisariat Fisip Unpatti ini terpilih secara aklamasi setelah mendapat dukungan mayoritas komisariat dengan jumlah total dukungan 26 suara sah.

Adapun empat pemilik suara dari utusan komisariat Hukum Unpatti dan Perikanan Unpatti yang mengusung kandidat Yastrib Akbar Sowakil memilih tidak hadir dalam forum tersebut.

“Menetapkan kakanda Afrizal Mukadar sebagai formatur Ketua Umum HMI Cabang Ambon periode 2022-2023. Sah,” kata pimpinan sidang konferensi Arsan Rumalean sambil mengetuk palu sidang.

Koordinator Stering Comite Ahmad Win Layn mengatakan ada empat kandidat yang mendaftar untuk menjadi ketua umum HMI Cabang Ambon. Mereka adalah, Afrizal Mukadar, Yastrib Akbar Sowakil, Risno Ibrahim dan Ali Hehanussa.

Namun saat pengujian kriteria hanya terdapat tiga bakal calon ketua umum yang hadir.

Jelang pengujian kriteria, dua bakal calon ketua umum masing-masing Risno Ibrahim dan Ali Hehanussa menyatakan mundur dari sebagai calon dan mendukung Afrizal Mukadar sebagai Ketua Umum HMI Cabang Ambon Periode 2022-2023. “Jadi karena hanya tersisa calon tunggal maka formum konferensi akhirnya menetapkan kakanda Afrizal Mukadar sebagai formatur ketua umum,” kata Ahmad.

Dia mengaku terpilihnya Afrizal secara aklamasi sudah sesuai kuorum sebagaimana dengan ketentuan AD/ART organisasi.
“Sudah sesuai kuorum karena jumlah peserta yang hadir lebih dari yang ditentukan dan semua berjalan sesuai tata tertib,” katanya.

Setelah mendapuk Afrizal sebagai formatur ketua umum, peserta kembali memilih mide formatur masing-masing yakni Resno Ibrahim dan Abdul Rahman Rahayaan. Kedua mide formatur terpilih dan formatur ketua umum nantinya akan menyusun kepengurusan HMI periode 2022-2023.

BACA JUGA :  Ratusan Warga Tak Bermasker Diadili di Pengadilan Negeri Ambon

Sementara itu Ketua Umum HMI Cabang Ambon terpilih Afrizal Mukadar dalam sambutannya mengatakan kemenangan yang diraih merupakan kemenangan bersama seluruh keluarga besar HMI Cabang Ambon. “Ini kemenangan kita semua, kemeangan seluruh keluarga besar HMI Cabang Ambon,” kata Afrizal disambut tepuk tangan peserta konfernsi.

Dia mengakui dinamika konferensi yang sangat menguras energi setiap kader HMI kini telah berakhir secara damai dan tertib. Berakhirnya konferensi ke-32 secara damai itu juga menandakan kemelut yang tarik ulur yang terjadi selama konferensi telah berakhir. “Bagi setiap kader HMI dinamika itu hal yang sangat biasa, kader HMI besar dari setiap dinamika dan saat ini semua kemelut telah berakhir dan kita semua akan mengabdi lagi untuk HMI yang kita cintai,” katanya.

Dinamika konferensi yang baru berakhir dengan sangat baik ini pun diharapkan dapat meneguhkan semangat HMI Satu yang didengungkan semua kader selama ini. “Bagi saya, momentum hari ini adalah jawaban atas harapan HMI Satu yang didengungkan para kader,” katanya Afrizal

Mantan Ketum HMI Komisariat FISIP Unpatti ini menambahkan setelah terpilih hal penting yang akan dilakukannya adalah konsolidasi organisasi. “kedepan, konsolidasi internal akan terus di perkuat. Sebab HMI secara kelembagaan sangat sulit melakukan peran-peran eksternal jika soliditas internalnya rapuh,” tutupnya. (Ruzady)

No More Posts Available.

No more pages to load.