Jurusan Kehutanan Unpatti Ambon Berkomitmen Jaga Hutan di Maluku

oleh
Jajaran Jurusan Kehutanan Fakults Pertanian Unpatti Ambon foto bersama saat launching Tahun Kerja 2021 jurusan di Ambon, Sabtu (16/1/2021). Foto : terasmaluku.com

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Pattimura Ambon berkomitmen menjaga hutan di Maluku agar tetap hijau.

Apalagi saat ini hutan mendapat perhatian yang cukup besar akibat berbagai bencana yang muncul seperti kerusakan hingga perubahan iklim.

Memulai Tahun Kerja 2021 ini, Jurusan Kehutanan mengusung tema Life for Forest & Community atau Berkomitmen menghidupkan hutan dalam memberikan manfaat kepada masyarakat.

Untuk mewujudkan komitmen ini, Ketua Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Dr. Marthina Tjoa, S.Hut.,M.P  menjelaskan, pihaknya telah membuat rencana strategis yang tercermin dalam Tri Dharma yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan serta Pengabdian Kepada Masyarakat hingga tahun 2035 nanti.

Dari segi pendidikan dan pengajaran kata dia memastikan telah disesuaikan dengan kondisi saat ini selaras dengan kebijakan nasional.

Sementara dari segi penelitian, pihaknya terus lakukan pengembangannya untuk penanganan persoalan-persoalan hutan dan kehutanan masyarakat. Salah satu yang paling menarik dari adalah akan pengelolaan hutan untuk Pulau-pulau kecil sebagaimana karakteristik wilayah di Maluku.

“Ini yang terutama terkait akses masyarakat untuk manfaatkan hasil hutan. Itu kami terus membuat kajian-kajian sehingga diharapkan dari penelitian yang kami lakukan akan ditemukan satu model untuk hutan pulau-pulau kecil di Maluku,”jelasnya saat Launching Tahun Kerja 2021 Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Unpatti Ambon, Sabtu (16/1/2021) di Ambon.

Sedangkan untuk point ketiga dari Tri Dharma yaitu kegiatan pengabdian masyarakat, lanjut dia lebih banyak memberikan penguatan kepada masyarakat untuk pemahaman hutan dan kelestariannya sehingga masyarakat benar-benar merasa juga brtanggungjawab untuk menjaga dan melestarikan hutan.

“Itu yang menjadi rencana pengabdian masyarakat. Selain itu juga kami akan berikan pelatihan-pelatihan yang dapat meningkatkan pendapatan kesejahteraan masyarakat misalnya dengan pemanfaatan hasil hutan kayu, kemudian pemasaran hasil-hasil hutan,”sambungnya.

BACA JUGA :  Kei Kecil Malra Diterjang Angin Puting Beliung, Delapan Rumah Dan Masjid Rusak

Diharapkan adanya campur tangan semua pihak untuk membangun hutan agar hutan jadi lebih baik dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Kami akan melakukan lebih banyak lagi terkait dengan masalah hutan, bergerak membangun daerah ini lebih hijau dan kami berharap semua stakeholder bahu membahu membangun kehutanan di Maluku,”pungkasnya. (Ruzady).

No More Posts Available.

No more pages to load.