KPU Malteng Usulkan Anggaran Pilkada 2024 ke Pemkab Rp 60 Miliar

oleh
oleh

TERASMALUKU.COM,-MASOHI-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) mengusulkan anggaran Pilkada 2024 ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malteng sebesar Rp 60 Miliar. Usulan itu masih menunggu persetujuan Pemkab.

“Hingga kini belum ada realisasi. Belum ada realisasi dikarenakan tahapan Pemilukada belum berjalan. Jika tahapanya sudah berjalan kita bisa pastikan bahwa anggaran tersebut sudah akan dikuncurkan ke kita,”ungkap Ketua KPU Malteng Abdussamat Ningkeula kepada Terasmaluku.com, Selasa (9/5/2023).

Menurutnya, sebelum merealisasikan anggaran Pilkada 2024, perlu untuk KPU dan tim anggaran Pemkab melakukan rapat bersama untuk membicarakan hal-hal yang harus diperhatikan oleh Pemkab. Salah satunya berkaitan dengan pembagian pos anggaran dari Pemerintah Provinsi (Pemrpov) Maluku dan Pemkab.

“Kalau dalam isi surat Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang diterima KPU Malteng pada pekan lalu mengunstrusikan agar Pemkab Malteng mencairkan anggaran 30 persen dari nilai yang diminta,”katanya.

Dia mengatakan, KPU Malteng dalam rangka pengusulan anggaran Pilkada tentu pihaknya sudah pertimbangkan semua tahapan dengan nilai dan pembiayaan yang ada. Dan tentu KPU menggunakan standar pembiayaan Pemkab Malteng.

Di tempat terpisah Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Malteng Stevanus Johannis Noya membenarkan anggaran Pilkada yang telah diusulkan KPU sebesar Rp 60 miliar. Anggaran itu akan dikucurkan dalam dua tahap ke KPU Malteng. Tahap pertama 40 persen pada 2023 dan 60 persen di 2024.

Namun terlebih dahulu akan dilakukan rapat bersama untuk membahas anggaran Pilkada. Rapat itu akan menghadiran KPU, TNI dan Polri bersama tim anggaran Pemkab.

“Usulan 60 miliar itu tergantung kemampuan APBD kalau tidak mampu yang pasti turun nilainya. Kini kita lagi koordinasi dengan Kesbangpol Pemprov Maluku karena sampai saat ini Pemprov belum mengalolasikan dana sharing. Kita juga belum mengetahui secara pasti besar dana sharing yang akan dikuncurkan,”ujar Noya.

BACA JUGA :  Unpatti Segera Miliki Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pertama di Maluku

Namum Noya mengungkapkan, Penjabat Bupati Malteng Muhamat Marasabessy dan Sekda Rakib Sahubawa sangat mendukung Pemilukada 2024.

Penulis : Nair Fuad

No More Posts Available.

No more pages to load.